Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik Makalah
Fenomena Pelayanan On Line
Terhadap Tradisi Budaya OPang (Ojek Pangkalan)
Kelas : 1-ID08
Tanggal Penyerahan Makalah : 6 Oktober 2015
Tanggal Upload Makalah : 7 Oktober 2015
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama Lengkap
|
Tanda Tangan
|
31415831
|
Diagona Kusuma Dewi
|

Program Sarjana Teknologi Industri
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan saya kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang "Fenomena Pelayanan Ojek On-line Terhadap Tradisi Budaya Ojek Pangkalan", yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih.
Jakarta, 1 Oktober 2015
Penyusun
(Diagona Kusuma Dewi)
DAFTAR ISI
PERNYATAAN.......................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang............................................................................................... 1
2. Tujuan........................................................................................................... 1
3. Sasaran.......................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Kekuatan (Strength)....................................................................................... 2
2.2 Kelemahan (weakness).................................................................................. 2
2.3 Peluang (Opportunity).................................................................................... 2
2.4 Tantangan/Hambatan (Threats)...................................................................... 3
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1 Kesimpulan...................................................................................................... 4
3.2 Rekomendasi.................................................................................................... 4
REFERENSI................................................................................................................ 5
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Ojek online adalah satu fenomena yang menghentak dunia transportasi public di Indonesia. Berawal dari Jakarta yang dengan sukses mendirikan usaha ojek online, ojek online sekarang mulai berkembang di kota-kota sekitarnya.
Mereka di fasiltasi berbagai kebutuhan pelayanan untuk konsumen, seperti helm, jaket, hingga smarthphone untuk menerima bookingan dari calon penumpang.
Dari awal peluncuran layanan ojek online masyarakat langsung merespon dengan sangat positif. Di sisi lain, kehadiran ojek online juga memunculkan masalah. Sebagian besar pengemudi ojek konvensional atau yang biasa disebut dengan ojek pangkalan merasa terganggu karena ojek online dianggap merebut lahan nafkah para ojek pangkalan. Akibatnya, muncul beberapa kasus bentrokan antara ojek pangkalan dengan ojek online.
2. Tujuan
Memberitahu masyarakat tentang adanya fenomena ojek online dengan tradisi ojek pangkalan.
3. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai yaitu agar setiap pembaca mengetahui adanya fenomena ojek online dan ojek pangkalan saat ini.
BAB II
PEMBAHASAN
Analisis permasalahan Fenomena Pelayanan Ojek Online Terhadap Tradisi Budaya Ojek Pangkalan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
2.1 Kekuatan (Strength)
a. Ojek online lebih nyaman dan tentunya aman dari ojek pangkalan.
b. Ojek online lebih ekonomis dibandingan ojek pangkalan.
c. Ojek online sangat menguntungkan bagi konsumen ojek online maupun si driver.
d. Ojek online pelayanannya lebih cepat.
e. Solideritas ojek online tinggi.
2.2 Kelemahan (Weakness)
a. Server jaringan dari aplikasi ojek online terkadang suka bermasalah.
b. Ada beberapa konsumen ojek online tidak jadi menggunakan jasa ojek online tersebut.
c. Memerlukan banyak pengeluaran untuk membeli paket internet dan pulsa bagi para ojek online.
d. Ada beberapa orang yang masih gagap akan teknologi.
2.3 Peluang (Opportunity)
a. Mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
b. Memiliki banyak waktu untuk keluarga di rumah bagi para ojek online.
c. Dapat dijadikan pekerjaan sambilan bagi orang yang mencari uang tambahan.
d. Semakin banyaknya perusahaan yang ingin bergabung dengan perusahaan ojek online.
2.4 Tantangan/Hambatan (Threats)
a. Menghadapi cuaca yang ekstrim (panas dan hujan).
b. Merasa kelelahan bila sedang mempuh jarak yang sangat jauh.
c. Menghadapi bentrok dengan ojek pangkalan.
d. Ojek pangkalan tidak memiliki Standart Pelayanan yang jelas dan standar keselamatan.
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1 Kesimpulan
Sebuah ide bisnis bisa dari mana saja datangnya, bisnis yang lama pun bisa di ubah menjadi bisnis modern yang akan banyak berkembang dan menjadikan peluang yang besar bila di modifikasi agar lebih menarik. Ide ide bagus akan berkembang jika pebisnis memiliki inovasi inovasi menarik dalam berbisnis agar dapat di terima masyarakat yang merasakannya.
3.2 Rekomendasi
a. Ojek online lebih nyaman karena konsumen di berikan masker dan penutup kepala agar konsumen tejaga kebersihannya. Dan ojek online juga aman karena konsumen ojek online di infokan mengenai identitas driver yang akan melayani konsumen ojek online.
b. Server jaringan dari aplikasi ojek online yang terkadang suka bermasalah sehingga ojek online tidak dapat beroperasi untuk sementara bisa menjadi peluang untuk ojek pangkalan mendapatkan konsumen.
c. Ojek online sering menghadapi bentrok dengan ojek pangkalan.
d. Dapat dijadikan pekerjaan sambilan bagi orang yang mencari uang tambahan. Seperti yang kita ketahui banyak sekali driver ojek online banyak dari kalangan yang berminat bergabung dari mulai mahasiswa sampai para karyawan.
REFERENSI
Judul Buku : Buku pintar bisnis online for mom
Penggarang : A. Yahya Hastuti
4. Judul Buku : Bisnis online syariah
Penggarang : Arip Purkon
Penerbit : Gramedia
3.
No comments:
Post a Comment