Mata
Kuliah :
Ilmu Budaya
Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik Makalah
Analisis SWOT
Budaya Kerapihan dan Kebersihan
Ruang Kelas
Kelas
: 1-ID08
Tanggal Penyerahan Makalah : 9 November 2015
Tanggal Upload Makalah : 10 November 2015
P E R
N Y A T A A N
Dengan ini saya
menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat
sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya
siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama Lengkap
|
Tanda Tangan
|
31415831
|
Diagona Kusuma Dewi
|

Program Sarjana
Teknologi Industri
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi
Allah yang telah memberikan saya kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah
ini. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita
yakni Nabi Muhammad SAW.
Makalah ini disusun
agar pembaca dapat mengetahui tentang "Budaya Kerapihan dan Kebersihan
Ruang Kelas", yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai
sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu
yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat
terselesaikan.
Semoga makalah ini
dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah
ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran
dari pembaca yang membangun. Terima kasih.
Jakarta, 1 Oktober 2015
Penyusun,
(Diagona Kusuma Dewi)
DAFTAR ISI
PERNYATAAN........................................................................................................ i
KATA
PENGANTAR............................................................................................... ii
DAFTAR
ISI............................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang.............................................................................................. 1
2. Tujuan........................................................................................................... 1
3. Sasaran.......................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Kekuatan
(Strength)................................................................................... 3
2.2 Kelemahan
(weakness)............................................................................... 3
2.3 Peluang
(Opportunity)................................................................................ 3
2.4 Tantangan/Hambatan
(Threats).................................................................. 4
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1 Kesimpulan...................................................................................................... 5
3.2 Rekomendasi................................................................................................... 5
REFERENSI................................................................................................................ 6
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Seringkali kita
mendengar slogan-slogan di berbagai tempat terutama di lingkungan sekolah, yang
isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan.
Akan tetapi slogan tadi
sering sekali tidak kita pedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan
belaka tanpa ada isinya, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi
kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan, tapi apa
kenyataannya? Siswa masih membuang sampah sembarangan, selain itu siswa juga
merobek-robek kertas dalam kelas dan bila memakan jajan di tempat A bungkusnya
dibuangnya juga di tempat A, padahal di tempat-tempat tersebut telah disediakan
tempat sampah.
Tentu kita tidak mau
sekolah kita menjadi kotor, kumuh dan penuh dengan sampah. Disamping itu sampah
yang kita buang sembarangan tadi juga dapat mencemari lingkungan, baik di dalam
ruang kelas maupun di luar kelas dan juga dapat menyebabkan suasana belajar
kita tidak nyaman.
1.2 TUJUAN
Pada topik ini, saya
ingin membangun peran penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Karena,
jika lingkungan kita bersih dan rapih maka orang yang ada di ruang kelas merasa
nyaman dan siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik.
Setidaknya dengan
menjaga kebersihan dan kerapihan ruang kelas. Kita juga telah melestarikan dan
menjaga maupun menghargai bakat kita dalam iptek. Karena orang sukses pasti
berasal dari lingkungan yang sehat dan bersih. Sehingga ia dapat berfokus pada
pembelajaran yang ia terima.
1.3 SASARAN
Dalam penulisan makalah
ini sasaran yang ditunjukkan dari penulis ialah agar siswa siswi tergerak hati
nuraninya untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ruang kelas dan menanamkan
bagaimana pembelajaran kesehatan yang efektif demi menciptakan pola hidup
bersih dan sehat yang baik bagi siswa.
BAB
II
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Analisis SWOT
Budaya Kerapihan dan Kebersihan Ruang Kelas dengan memperhatikan
dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari
aspek :
2.1. Kekuatan (Strength)
a.
Kebersihan dan kerapihan ruang kelas
mendorong semangat belajar siswa.
b.
Kebersihan dan kerapihan ruang kelas
menjadi cermin bagi kelas itu sendiri.
c.
Mengajarkan siswa siswi
betapa pentingnya kebersihan dan kerapihan di lingkungan kita.
d.
Dengan keadaan ruang kelas yang bersih
dan rapih meningkatkan kenyamanan dalam proses pembelajaran.
2.2. Kelemahan
(Weakness)
a.
Kurangnya kesadaran dalam diri siswa
siswi untuk menjaga kebersihan dan kerapihan di dalam ruang kelas.
b.
Akan terganggunya proses
belajar mengajar.
c.
Rusaknya ekosistem alam sekitar.
d.
Lingkungan menjadi tidak sehat.
2.3. Peluang
(Opportunity)
a.
Menyediakan di setiap ruang kelas dan
ruangan lainnya tempat sampah sesuai jenis sampahnya seperti anorganik,
organik, dll.
b.
Mengadakan lomba kebersihan dan
kerapihan ruang kelas.
c.
Dibentuknya petugas piket setiap hari
secara bergantian.
d.
Memberikan reward kepada
orang yang telah rajin menjaga dan membersihkan ruang kelas.
2.4. Tantangan/Hambatan
(Threats)
a.
Tidak ada niat dari siswa siswi untuk
menjaga kebersihan dan kerapihan di ruang kelas.
b.
Tidak adanya disiplin dalam menjaga
kebersihan dan kerapihan di ruang kelas.
c.
Tidak ada rasa kepedulian dari siswa
siswi untuk menjaga lingkungan sekitar.
d.
Tidak adanya peraturan yg
menimbulkan efek jera yg membuat para siswa menjaga kebersihan kelas sebagaimana
mestinya.
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1 KESIMPULAN
Lingkungan
bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan
lingkungan kita bisa terlihat bersih dan rapih sehingga nyaman untuk dilihat.
Tidak jarang, karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang
memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama
lingkungan rumah.
Tentu
saja lingkungan dalam kondisi bersih dan rapih akan membuat para penghuninya
merasa nyaman dan kesehatan tubuhnya terjaga dengan baik. Kesehatan tubuh
manusia berada pada posisi paling vital. Alasanya tentulah mengarah pada
keberagaman kegiatan hiudp manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
3.2 REKOMENDASI
a.
Mengajarkan siswa siswi
betapa pentingnya kebersihan dan kerapihan di lingkungan kita sejak dini itu
penting. Karena jika sudah dewasa nanti putra putri bangsa sudah terbiasa
dengan hidup sehat dan menjaga kebersihan dan kerapihan dimana pun itu tidak
hanya di ruang kelas.
b.
Jika ruang kelas tidak
kondusif, maka siswa siswi akan terganggunya proses belajar mengajarnya
dikarenakan tidak nyaman nya ruang kelas.
c.
Dapat memberikan reward
kepada orang orang yang rajin dan mau menjaga kebrsihan dan kerapihan ruang
kelas dan sekitarnya.
d.
Memberikan sanksi kepada
siswa siswi yang membuang sampah sembarangan dan tidak menjaga kebersihan dan
kerapihan ruang kelas.
REFERENSI
1. Buku : Prawoto, Edy. 2013. KEBERSIHANdan
KERAPIHAN. Jakarta: CV alfabet.
Buku : Sumantri, DR. H. Arif. 2015.
KESEHATAN LINGKUNGAN. Jakarta: Gramedia.
3.
Website :
http://barcad.blogspot.co.id/2012/10/makalah-tentang-kebersihan-sekolah.html
Website : http://www.superindo.co.id/hidup_sehat/info_sehat/menciptakan_lingkungan
_yang_bersih_dan_sehat
No comments:
Post a Comment