BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pada zaman modern ini industri makanan terus mengalami perkembangan baik makanan berat, sedang, maupun ringan. Perkembangan ini tentunya menuntut pebisnis industri makanan harus kreatif dalam hal menciptakan kreasi dan inovasi makanan seperti cita rasa, bentuk dan tampilan yang membuat menarik dimata konsumen. Sebagai pengusaha baru yang akan merintis usaha pada industri makanan tentunya harus melihat peluang terlebih dahulu serta pasar konsumen, dengan melakukan business plan atau rencana bisnis. Rencana bisnis merupakan hal dasar yang harus dipersiapkan oleh seseorang sebelum menjalankan bisnisnya, rencana bisnis berisi sekumpulan rencana untuk mengelola semua aspek bisnis mulai dari konsep usaha, pemasaran produksi, operasioal, sumber daya manusia, dan keuangan. Tujuan dibuatnya rencana bisnis adalah untuk memberikan arah bisnis dan patokan yang jelas menuju sasaran sehingga bisnis dapat berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan.
Dalam kegiatan untuk memenuhi syarat tugas mata kuliah softskill Kewirausahaan yang tertuju pada bisnis yang membuat mahasiswa atau calon pengusaha baru yang memiliki kreativitas dalam hal ide serta inovasi untuk disalurkan pada usaha-usaha yang akan dibuat. Maka dari itu dengan belajarnya konsep bisnis ini diharapkan dapat mengelola serta mengembangkan usaha yang dapat bersaing pada dunia kewirausahaan secara mandiri dan kompetitif. Selain itu juga penulisan ini dibuat untuk membandingkan teori dengan praktek dalam kegiatan kewirausahaan.
2. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari kegiatan rencana bisnis ini adalah.
a. Memenuhi persyaratan nilai tugas mata kuliah Kewirausahaan
b. Megetahui rencana usaha yang akan dilakukan
c. Mengembangkan dan menginovasi ide bisnis
d. Menginovasi bentuk serta rasa makanan
3. Manfaat Rencana Bisnis
Manfaat dari rencana bisnis ini adalah.
a. Memfokuskan rencana bisnis yang akan dibuat
b. Memfokuskan target pasar makanan
c. Mengelola biaya yang akan dikeluarkan dengan baik
d. Menyiapkan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan
BAB II
ISI
VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan perusahaan kuliner yang lebih memperhatikan nilai gizi, rasa, kehigienisan, dan pelayanan konsumen
MISI
a. Memperkenalkan produk makanan yang sudah dikenal sebagai makanan sejuta umat yang mempunyai harga yang relatif terjangkau
b. Menciptakan makanan yang sehat, bergizi, dan lebih mementingkan kehigenisan
c. Memberikan harga yang terjangkau kepada konsumen untuk mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi
IDENTIFIKASI USAHA
Nama Usaha : Usaha Martabak Manis
Jenis Usaha. : Makanan
Alamat Usaha : Pinggir Jalan Sekitar Cililitan
RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha yang dirintis ini masih dalam usaha skala kecil, tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk makanan yang kami produksi dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Tujuan Usaha:
a. Mendapatkan penghasilan
b. Menggali bakat dalam hal berbisnis
c. Memenuhi kebutuhan konsumen
No comments:
Post a Comment